Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Pejabat Gubernur Aceh Hadiri Monitoring Malam Pergantian Tahun 2023-2024

PJ Gubernur Aceh
Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki, bersama Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko dan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya, saat menghadiri Monitoring Malam Pergantian Tahun 2023-2024, yang digelar secara via konferensi video, di Posko Induk Pengamanan Malam Tahun Baru 2024, di Kawasan Simpang Lima, Banda Aceh, Minggu (31/12/2023) malam. (Foto: Humas Pemprov Aceh)

BANDA ACEH – Penjabat Gubernur Aceh, Achmad Marzuki mengatakan, sinergi lintas sektor dan kebersamaan yang dibangun oleh seluruh aparatur di Aceh, ikut menjamin terwujudnya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang sangat kondusif, aman dan terkendali, pada detik-detik pergantian tahun, di seluruh wilayah Aceh, Minggu (31/12/2023) menuju Senin (01/01/2024) yang baru saja berlangsung.

Hal tersebut disampaikan oleh Achmad Marzuki, saat melaporkan situasi terkini Aceh, saat menghadiri Monitoring Malam Pergantian Tahun 2023-2024, yang digelar di Posko Induk Pengamanan Malam Tahun Baru 2024, di Kawasan Simpang Lima, Banda Aceh, Minggu (31/12/2023) jelang tengah malam.

“Kami optimis, dukungan dari Polda dan Kodam Iskandar muda, situasi Kamtibmas di Aceh terkendali. Insya Allah, malam pergantian tahun di Aceh berlangsung aman, tertib dan terkendali,” ujar Achmad Marzuki.

Sedangkan Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Novi Helmy Prasetya menjelaskan, untuk mendukung pengamanan malam tahun baru, Kodam Iskandar Muda menerjunkan 450 personil, yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Aceh.

BACA JUGA:  Apel Personel PAM Ops Lilin Seulawah Polres Lhokseumawe, Ini Arahan Katim Kepada Anggota

“Selain 450 personil yang kita terjunkan untuk mendukung pengamanan Malam Tahun Baru 2024, Kami juga mempersiapkan Banpur sebanyak 1.886 personil yang tersebar di seluruh Aceh,” ujar Pangdam.

Sementara itu, terkait bantuan kepada masyarakat terdampak banjir di sejumlah titik di Aceh, Pangdam menjelaskan, selama ini Kodam IM telah terlibat bersama Pemda dan telah memerintahkan personil untuk mendirikan dapur umum dan memberikan bantuan lainnya untuk warga terdampak banjir.

“Insya Allah, malam pergantian tahun di Aceh berjalan kondusif, dan dukungan penanganan masyarakat terdampak banjir pun masih terus kita lakukan,” kata Pangdam.

Sementara itu, Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko menjelaskan, secara umum situasi Aceh pada malam pergantian tahun aman dan kondusif. Sebagai upaya antisipasi, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Polda Aceh menggelar Operasi Lilin Selawah.

“Secara umum situasi keamanan Aceh aman dan kondusif. Pada Operasi Lilin Seulawah 2023 ini, untuk pengamanan Natal dan Malam Tahun Baru 2024, kami menerjunkan sebanyak 2.531 personil. kita sudah melakukan pengamanan kegiatan masyarakat yang sifatnya insidentil, seperti di Kawasan Simpang Lima ini, di Kawasan Masjid Raya Baiturrahman dan Lapangan Blang Padang,” ujar Kapolda.

BACA JUGA:  Polres Gayo Lues Sosialisasikan Pencegahan Perburuan Satwa Liar yang Dilindungi

“Ada 25 Pos Pengamanan, 23 Pos Pelayanan dan 1 Pos Terpadu. Total ada 49 pos yang kita bentuk dengan dukungan dari TNI, dari Pemda seperti Dinas Perhubungan, Jasa Raharja dan lainnya. Itu semua kita bentuk dan tersebar di seluruh lokasi-lokasi kegiatan masyarakat,” imbuh Kapolda.

Di Posko Induk di Jakarta, pertemuan di pimpin langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto serta sejumlah pejabat lainnya. Sementara di Aceh, selain jajaran Forkopimda Aceh, kegiatan yang digelar secara daring via konferensi video ini, juga dihadiri oleh Forkopimda Kota Banda Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *