Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Pemkot Lhokseumawe Raih Penghargaan UHC Awards 2023 Dari BPJS

lhokseumawe-raih-penghargaan-uhc
Pj Wali Kota Lhokseumawe Dr Drs Imran MSi MA Cd menerima Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awards 2023 yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Maruf Amin, di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023) (Foto: Dok Pemkot Lhokseumawe)

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Kota (Pemkot) Lhokseumawe raih Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS sebagai daerah yang memenuhi Kuota peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Maruf Amin kepada Pj Wali Kota Lhokseumawe, Dr. Drs. Imran, M.Si, MA.Cd di Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

BPJS memberikan Penghargaan UHC   kepada pemerintah daerah yang telah berhasil mendorong 95 persen penduduk menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional.

Kota Lhokseumawe sendiri berhasil mendorong jaminan kesehatan masyarakat mencapai 100 persen.

Di sela-sela acara tersebut, Imran mengatakan, terhitung sejak berdirinya BPJS Kesehatan tahun 2014, Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Pemerintah Provinsi Aceh telah berhasil mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau  Universal Health Coverage.

BACA JUGA:  Terkait Petisi Eksekusi PT Kallista Alam yang Tak Kunjung Dilakukan, APEL Aceh Pertanyakan Komitmen MA dan KLHK

“Penduduk Kota Lhokseumawe saat ini, telah terdaftar sebanyak 192.953 jiwa sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” kata Imran.

Lebih lanjut, Imran menambahkan, dari total masyarakat terdaftar, tercatat sebanyak 47.467jiwa telah terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Bukan Pekerja (PBPU BP) Pemerintah Aceh atau disebut Jaminan Kesehatan Aceh (JKA).

Sementara 89.799 jiwa terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI APBN), 46.597 jiwa terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah.

Kemudian 4.486 jiwa terdaftar sebagai peserta mandiri (PBPU), dan sebanyak 4.604 jiwa terdaftar sebagai peserta pada segmen Bukan Pekerja.

BACA JUGA:  Kapolda dan Kapolres Bener Meriah Salurkan Bantuan Sosial

”Hal ini merupakan wujud nyata dukungan penuh Pemerintah Kota Lhokseumawe untuk memberikan payung perlindungan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan yang komprehensif di fasilitas kesehatan,” ujar Imran, Rabu (15/3/2023).

Dengan penghargaan ini, Imran mengungkapkan, suatu kebanggaan atas pencapaian UHC di Kota Lhokseumawe.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe yang telah bekerja keras agar masyarakat bisa terjamin ke dalam Program JKN.

“Dengan capaian UHC di Kota Lhokseumawe ini maka diharapkan untuk fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani masyarakat. Kedepan kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kota Lhokseumawe tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” Tutup Imran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *