Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Puskesmas Blang Bintang Luncurkan Program Posyandu Remaja Untuk Cegah Stunting

kapus
Kepala Puskesmas Blang Bintang, TM. Jakfar, SKM. (Foto: hariandaerah/Iin)

BANDA ACEH – dalam upaya meningkatkan kesehatan remaja wanita dan mencegah Stunting, Puskesmas Blang Bintang telah meluncurkan program Posyandu Remaja Wanita. Program ini dirancang untuk memberikan edukasi kesehatan dan nutrisi kepada remaja wanita, serta memberikan tablet tambah darah sebagai bagian dari upaya pencegahan.

Setiap posyandu di bawah naungan Puskesmas Blang Bintang kini memiliki program ini. Tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya nutrisi dan kesehatan bagi remaja wanita. Selain itu, program ini juga memberikan tablet tambah darah, yang bertujuan untuk mencegah anemia dan memastikan bahwa remaja wanita mendapatkan nutrisi yang cukup.

Namun, upaya Puskesmas Blang Bintang tidak berhenti di sini. Puskesmas ini juga telah meluncurkan program pemberian makanan tambahan selama 90 hari untuk anak-anak. Program ini bertujuan untuk mencegah stunting dengan memberikan gizi yang baik dan makanan yang seimbang kepada anak-anak.

Kepala Puskesmas Blang Bintang, TM. Jakfar, SKM, mengungkapkan harapannya terhadap pemerintah desa. Ia berharap bahwa pemerintah desa dapat bekerja sama dengan puskesmas untuk mengajak semua anak remaja wanita untuk berpartisipasi dalam posyandu. Selain itu, dia juga berharap bahwa pemerintah desa dapat berpartisipasi dengan cara memberikan program dari desa untuk mendukung upaya ini, Senin (18/12/2023).

“Kami berharap kepada pemerintah desa agar dapat lebih aktif dalam mendukung dan berpartisipasi dalam program-program kesehatan ini, dengan kerja sama yang erat, kami yakin bahwa kita dapat mencapai tujuan bersama kita untuk mencegah stunting dan meningkatkan kesehatan remaja wanita. Kami juga berharap pemerintah desa dapat membantu dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya nutrisi dan kesehatan, serta memfasilitasi program-program yang dapat membantu masyarakat mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang mereka butuhkan,” kata TM. Jakfar, SKM.

Puskesmas Blang Bintang Luncurkan Program Posyandu Remaja Untuk Cegah Stunting WhatsApp Image 2023 12 06 at 16.14.03 1 11zon
Penyerahan Telur Ayam Kepada Anak, Bagian dari Program Cegah Stunting. Globalkini/Muchsin)

“Karena dengan memberikan edukasi terhadap remaja kita, mereka dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan agar disaat mereka berkeluarga nantinya sudah paham bagaimana cara menjaga pola hidup sehat bagi anak agar tidak Stunting,” tambahnya.

Program-program ini adalah langkah penting dalam upaya mencegah stunting dan meningkatkan kesehatan remaja wanita. Dengan pendidikan, pencegahan, dan dukungan, Puskesmas Blang Bintang berharap dapat membuat perubahan yang signifikan dalam kesehatan dan kesejahteraan remaja wanita dan anak-anak di wilayah mereka.

BACA JUGA:  Kapolda Aceh Musnahkan 11 Hektar Ladang Ganja di Aceh Besar

Program Posyandu Remaja Wanita dan program pemberian makanan tambahan selama 90 hari untuk anak-anak ini, merupakan bagian dari upaya yang lebih besar untuk memastikan bahwa setiap individu, terutama mereka yang paling rentan, mendapatkan akses ke nutrisi dan kesehatan yang baik. Dengan demikian, mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, dan potensi mereka sebagai individu dapat sepenuhnya terwujud.

“Untuk anak yang diberikan makanan tambahan selama 90 hari, kita selalu cek setiap seminggu sekali untuk melihat perkembangannya. Alhamdulillah, setelahnya banyak anak yang naik berat badan dan menunjukkan peningkatan dalam perkembangan fisik dan mental mereka. Mereka menjadi lebih aktif, lebih ceria, dan lebih berenergi. Ini adalah bukti nyata bahwa program ini efektif dan memberikan dampak positif bagi kesehatan anak-anak di wilayah kami,” kata Jakfar.

Puskesmas Blang Bintang berkomitmen untuk terus berupaya dan berinovasi dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat. Mereka percaya bahwa dengan kerja sama yang baik antara puskesmas, pemerintah desa, dan masyarakat, upaya ini dapat berhasil dan memberikan dampak yang positif dan berarti bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Jakfar, SKM, menambahkan, “Kami berharap bahwa program-program ini tidak hanya akan membantu mencegah stunting dan meningkatkan kesehatan remaja wanita, tetapi juga akan membantu membangun masyarakat yang lebih sehat dan lebih kuat. Kami percaya bahwa kesehatan adalah hak asasi manusia, dan kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap individu di wilayah kami mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang mereka butuhkan,”

Dengan program-program ini, Puskesmas Blang Bintang berharap dapat membantu mewujudkan visi mereka untuk masyarakat yang lebih sehat dan lebih kuat. Mereka percaya bahwa dengan kerja sama, pendidikan, dan pencegahan, mereka dapat membantu menciptakan perubahan yang positif dan berarti bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Tidak hanya berfokus pada program internal, Puskesmas Blang Bintang juga telah membangun kemitraan strategis dengan pemerintah dan instansi lainnya, termasuk Serambi. Kemitraan ini bertujuan untuk memperkuat upaya Puskesmas dalam memberikan nutrisi yang seimbang kepada anak-anak di wilayah mereka.

Serambi, sebagai salah satu mitra Puskesmas Blang Bintang, telah berkomitmen untuk memberikan bantuan protein dalam bentuk telur ayam. Bantuan ini akan disalurkan kepada 10 anak yang dipilih, dengan jadwal pemberian setiap 15 hari sekali selama jangka waktu 6 bulan. Inisiatif ini diharapkan dapat membantu memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan protein yang cukup, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

BACA JUGA:  SMP Tahfidz Lampoh Beut Wisuda Alumni Perdana, Ini Harapan Pimpinan Dayah
Puskesmas Blang Bintang Luncurkan Program Posyandu Remaja Untuk Cegah Stunting WhatsApp Image 2023 12 06 at 16.14.03 2
Penyerahan Bantuan Telur Ayam, dari Serambi kepada Puskesmas Blang Bintang. (Foto: Globalkini/Muchsin)

Kepala Puskesmas Blang Bintang, TM. Jakfar, SKM, menyambut baik kemitraan ini. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan dari Serambi kata Jakfar.

“Dengan bantuan mereka, kami dapat memperluas jangkauan dan dampak dari program-program kami, dan membantu lebih banyak anak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan,” tambahnya.

Jakfar juga menambahkan harapannya bahwa kemitraan ini akan menjadi contoh bagi instansi lainnya untuk ikut serta dalam upaya meningkatkan kesehatan dan nutrisi anak-anak.

“Kami berharap bahwa ini akan menjadi awal dari banyak kemitraan serupa di masa depan, dengan kerja sama dan dukungan dari semua pihak, kami yakin bahwa kami dapat membuat perubahan yang signifikan dan berarti dalam kesehatan dan kesejahteraan anak-anak di wilayah kami,” harapnya.

Kemitraan ini juga menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara berbagai sektor dalam upaya meningkatkan kesehatan dan nutrisi anak-anak. Dengan bekerja sama, Puskesmas Blang Bintang, pemerintah, dan Serambi dapat memanfaatkan sumber daya dan keahlian mereka untuk mencapai tujuan yang sama.

Selain itu, kemitraan ini juga menunjukkan komitmen Puskesmas Blang Bintang untuk terus berinovasi dan mencari cara baru untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan berfokus pada pendidikan, pencegahan, dan kerja sama, Puskesmas Blang Bintang berharap dapat terus membuat perubahan yang positif dan berarti bagi masyarakat.

“Kami percaya bahwa dengan kerja sama, pendidikan, dan pencegahan, kami dapat membantu menciptakan perubahan yang positif dan berarti bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, kami berkomitmen untuk terus berupaya dan berinovasi dalam memberikan layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat,” pungkas Jakfar.

Semoga dengan adanya program-program ini dan kemitraan yang telah dibangun, masyarakat dapat lebih memahami pentingnya kesehatan dan nutrisi, khususnya bagi remaja wanita dan anak-anak, dan dapat berpartisipasi aktif dalam upaya-upaya ini untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan lebih kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *