Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Cegah Stunting, 5 Manfaat Konsumsi Daging Sapi untuk Tumbuh Kembang Anak

stinting
Daging Sapi Merupakan Salah Satu Protein Hewani Untuk Mencegah Stunting. (Foto: hariandaerah.com/H).

BANDA ACEH – Daging termasuk jenis makanan yang bermanfaat menurunkan risiko stunting. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yang terjadi pada anak pada 1.000 hari pertama kehidupannya. Penyebabnya tidak lain adalah kekurangan gizi yang terjadi sejak dalam kandungan hingga sebelum berusia 2 tahun.

Bila anak mengalami stunting, maka tumbuh kembangnya akan terhenti. Seorang anak yang stunting pun akan mengalami efek yang berdampak pada kondisi fisiknya, seperti tinggi badan yang tidak sesuai standar usianya. Anak juga akan jadi rentan sakit dan kemampuan kognitifnya tidak seperti teman-teman sebayanya.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, dr. Munawar, Sp. OG (K), melalui Kepala Seksi Kesehatan Keluarga (Kesga) dan Gizi Dinas Kesehatan  Aceh, dr. Dara Juliana., M.Kes.

Dara Juliana menyampaikan, salah satu cara yang disebut dapat membantu menurunkan risiko stunting adalah mengonsumsi daging.

“Daging merupakan sumber protein hewani terbaik yang dibutuhkan oleh anak, dalam pangan hewani terdapat kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein dan vitamin. Seluruh kandungan gizi tersebut sangat penting dan dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan anak,” kata Dara Juliana, Kamis (14/12/2023).

stunting
Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan  Aceh, dr. Dara Juliana., M.Kes. (Foto: hariandaerah.com/Herlin).

Lebih lanjut,  Dara Juliana menyampaikan, zat gizi dari pangan hewani dibutuhkan untuk pembentukan tulang rawan yang menjadi dasar pertumbuhan tulang.

“Artinya jangan hanya berpikir tentang kalsium dan mineral, tapi ketika ingin pertumbuhan tulang normal maka perlu juga protein hewani,” kata Dara Juliana.

Ia mengatakan, betapa pentingnya protein hewani dalam 270 hari pertama kehidupan anak atau 9 bulan dalam menegah stunting.

BACA JUGA:  Imunisasi Polio Capai 100 Persen, Pemkab Singkil Terima Penghargaan

Kemudian, makan daging bagi anak memang bermanfaat membantu menurunkan risiko terjadinya stunting. Akan tetapi, bukan berarti harus memaksakan untuk memberikan daging terutama daging sapi untuk anak.

“Daging sapi merupakan salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi anak. Apalagi, di masa pertumbuhan, ada berbagai manfaat daging sapi yang memengaruhi tumbuh kembang si kecil,” ujarnya.

“Apalagi, daging sapi dapat diolah menjadi berbagai menu masakan, dapat mengkreasikannya menjadi menu tradisional, seperti rendang maupun yang internasional, seperti steak,” tambahnya.

Berikut Manfaat Daging Pada Anak Dalam Mencegah Stunting

  1. Menambah Energi

Anak-anak membutuhkan asupan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas sehari-hari mereka. Daging sapi kaya akan kalori, dengan setiap 100 gramnya mengandung sekitar 160-200 kalori.

Asupan kalori ini memberikan energi yang dibutuhkan anak-anak untuk bermain, berolahraga, dan belajar. Selain itu, kalori juga berperan penting dalam mendukung proses tumbuh kembang mereka.

  1. Menurunkan Risiko Anemia

Anemia dapat menjadi masalah serius pada anak-anak jika mereka kekurangan zat besi. Anemia dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Dalam mencegah anemia, daging sapi memiliki peran penting karena mengandung zat besi yang mudah diserap oleh tubuh anak-anak. Dibandingkan dengan zat besi yang berasal dari tanaman, zat besi hewani lebih mudah diserap oleh tubuh.

Dengan mengonsumsi daging sapi, anak-anak dapat terhindar dari risiko anemia dan mempertahankan kesehatan yang optimal.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Selain susu, daging sapi juga mengandung kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak-anak. Kalsium dan fosfor adalah nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan pembentukan tulang yang kuat.

BACA JUGA:  Kembangkan Ekonomi Syariah, SPS Aceh Dukung Upaya MES

Dengan mengonsumsi daging sapi secara teratur, anak-anak dapat memperoleh asupan kalsium dan fosfor yang cukup, yang berkontribusi pada pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dari sistem tulang dan gigi mereka.

  1. Mendukung Tumbuh Kembang

Daging sapi mengandung berbagai nutrisi yang lengkap, sehingga sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak. Selain itu, daging sapi juga merupakan pilihan makanan yang baik untuk mencegah dan mengatasi stunting.

Namun, penting bagi para orang tua untuk memberikan makanan sehat lainnya juga, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, telur, susu, dan biji-bijian, agar tumbuh kembang anak dapat optimal.

  1. Mendukung Kecerdasan

Untuk mendukung kecerdasan dan perkembangan otak anak-anak, diperlukan asupan nutrisi yang tepat. Daging sapi kaya akan protein, vitamin B, zinc, kolin, zat besi, dan omega-3, yang sangat penting untuk perkembangan otak anak.

Dengan memberikan makanan seperti ikan, telur, daging sapi rendah lemak, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran, orang tua dapat mendukung kecerdasan anak-anak mereka.

  1. Daging ayam
  2. Daging bebek
  3. Seafood atau makanan laut
  4. Telur

Manfaat makan daging dalam mencegah stunting dipengaruhi oleh kandungan zat gizi di dalamnya. Selain daging, makanan di atas juga merupakan sumber protein hewani yang sama baiknya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *