Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh
Daerah  

Pj Bupati Aceh Besar Bersama Pj Ketua TP PKK Dampingi Kepala Dinas Pertanian

PJ Bupati Aceh Besar
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto bersama Pj Ketua TP PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani didampingi Kadistan Aceh Besar Jakfar melakukan panen cabai merah di Gampong Leupung Bruek, Kecamatan Kuta Cot Glie, Jumat (12/01/2024). (Foto: Humas Pemkab Aceh Besar)

ACEH BESAR – Penjabat(Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM bersama Pj Ketua TP PKK Cut Rezky Handayani SIP MM didampingi Kepala Dinas Pertanian Jakfar, SP MSi melakukan panen raya cabai dan singkong bersama Kelompok tani di Gampong Leupung Bruek, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Jumat (12/01/2024).

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Iswanto mengatakan, salah satu komoditas unggulan nasional hortikultura adalah cabai. Karena cabai merupakan komoditas agribisnis yang besar pengaruhnya terhadap dinamika perekonomian nasional.

“Saya minta kepada para petani cabai khususnya, untuk tetap konsisten dan berkomitmen dalam budidaya cabai, mengingat wilayah kita yang punya potensi besar budidaya cabai,” katanya.

Muhammad Iswanto menyebutkan, panen cabe yang dilakukan ini, dalam konteks menjaga inflasi apalagi ini awal tahun baru.

“Karena itu, panen cabai yang dilakukan ini dalam upaya menjaga inflasi,” sebutnya.

BACA JUGA:  Kapolda Aceh Salurkan Buku dan Kitab di Dayah Oemar Diyan

Selain itu, Muhammad Iswanto juga mengapresiasi langkah petani yang memanfaatkan lahan tidur untuk menanam singkong. Karena, ketika isu ketahanan pangan menggema di tengah krisis global, dibutuhkan bahan pangan alternatif yaitu singkong.

“Singkong dinilai kaya karbohidrat dan mudah dibudidayakan. Bahkan bisa diolah menjadi berbagai makanan,” paparnya.

Sementara itu, Ramli salah satu Petani di Gampong Meunasah Leupung Bruek menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar yang telah memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (penyemprot) dan bibit kepada kelompok tani.

“Ini bantuan yang sangat bermanfaat bagi petani. Saya berharap, bantuan yang diberikan dapat dijaga dan dirawat dengan baik, sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang panjang,” katanya.

Ia menjelaskan, saat ini di lahan seluas tiga ribu meter baru dua puluh satu kali panen. Masih ada sekitar lima atau sepuluh kali panen lagi.

BACA JUGA:  Mahkamah Syar'iyah Jantho Gelar Maulid Akbar dan Santuni Ratusan Anak Yatim

“Hasil dalam sekali panen kurang lebih 200 kilogram dan dalam 1 kilogram diambil oleh Agen Rp 14 ribu untuk saat ini,” jelasnya.

Ia berharap kepada Pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih serius kepada petani. Karena kebanyakan masyarakat di Kecamatan Kuta Cot Glie mata pencariannya di bidang pertanian.

“Sejak kecil hingga sekarang profesi kami tetap sebagai petani. Jadi, kami harap sama Pemerintah untuk memberikan perhatian yang lebih lagi kepada kami,” harapnya.

Di kesempatan tersebut Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto juga menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok tani yang ada di Gampong Meunasah Leupung Bruek diantaranya berupa alat Fit Power mesin pertanian (penyemprotan), bibit dan Antracol.

Turut hadir Kadis Pertanian, Pj Ketua TP-PKK Aceh Besar, penyuluh Distan Aceh Besar, Camat Kuta Cot Glie, Kapolsek, Danramil dan masyarakat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *