Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh
Daerah  

Gubernur Jatim Ajak Mengenang Pahlawan Ekonomi di Hari Pahlawan 2023

gubernur
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk mengenang dan menghargai peran semua jasa para pahlawan, termasuk para pahlawan ekonomi yang berjuang mengukir peradaban ekonomi bangsa. Hal tersebut disampaikan saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023 di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat(10/11/2023). (Foto: Info Puklik).

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk mengenang dan menghargai peran semua jasa para pahlawan, termasuk para pahlawan ekonomi yang berjuang mengukir peradaban ekonomi bangsa.

Hal tersebut disampaikan saat menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan Tahun 2023 di lapangan Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat(10/11/2023).

Ia mengatakan Kepahlawanan adalah suatu tindakan kebangsaan yang sangat penting maknanya bagi keberlangsungan rakyat dan keutuhan NKRI. Tidak terkecuali mereka yang telah berjasa  dan berjuang dalam meningkatkan perekonomian bangsa

Kita telah lalui berbagai peristiwa bersejarah yang mengukir kejayaan bangsa ini. Dalam kesempatan Hari Pahlawan yang berharga ini, Ia ingin mengajak untuk merenung dan kembali menghargai betapa peran penting dari pahlawan ekonomi kita.

“Para pahlawan ekonomi adalah pelopor, perintis dan pionir dalam mengukir peradaban ekonomi bangsa ini. Para pahlawan ekonomi nasional tidak mengenal lelah mengatasi berbagai rintangan dan tantangan demi kemajuan ekonomi yang kita rasakan,”ujarnya.

BACA JUGA:  Gus Choi: KPK Ini Alat Politik Atau Penegak Hukum?

Gubernur Khofifah menyatakan, tema Hari Pahlawan kali ini menganggkat tentang pahlawan ekonomi. Yaitu bagi mereka, yang memiliki peran merintis, menggerakkan, dan memberi jasa bagi perekonomian nasional.

“Tapi juga tidak terlepas dari pahlawan kesehatan, pahlawan pendidikan, dan yang lainnya,” katanya.

Dalam amanatnya, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur juga menyampikan doa untuk kemerdekaan Palestina dan menyatakan dukungan gencatan senjata.

“Mudah-mudahan Allah SWT, memberikan kesabaran, kekuatan, dan kemudahan untuk saudara kita di Palestina. Semoga dunia bergerak bersama menghentikan peperangan sesegera mungkin,” ujarnya.

Menurut Khofifah peringatan Hari Pahlawan juga menjadi renungan untuk menghapus penjajahan di atas dunia. Termasuk solidaritas terhadap Negara Palestina.

“Mudah-mudahan Allah SWT, memberikan kesabaran, kekuatan, dan kemudahan untuk saudara kita di Palestina. Semoga dunia bergerak bersama menghentikan peperangan sesegera mungkin,” ujarnya.

BACA JUGA:  Penganiayaan Jurnalis di Surabaya, Polisi Amankan Empat Pelaku

Menurut gubernur peringatan Hari Pahlawan juga menjadi renungan untuk menghapus penjajahan di atas dunia. Termasuk solidaritas terhadap Negara Palestina.

Gubernur Jatim itu juga menyebut, jasa perjuangan para pahlawan pendiri republik ini harus dimaknai secara mendalam. Supaya semangat nasionalisme itu menjadi nilai persatuan yang tetap dipegang teguh.

Dalam kesempatan kali ini, sebanyak sembilan keluarga dari para pahlawan turut mengikuti upacara untuk memperingati perjuangan leluhurnya. Sementara itu para peserta yang mengikuti upacara Hari Pahlawan berasal dari lintas sektor.

Kemudian rangkaian upacara pagi ini ditutup dengan sebuah tari kolosal dari Laskar Nusantara yang menceritakan jihad santri di Surabaya waktu melawan sekutu di 10 November 1945 dan beberapa lagu dari kelompok musik d’masiv dari Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *