Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Pemerintah Aceh Gelar Pasar Tani Tahun 2024

Pemerintah Aceh
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Ir. Mawardi, didampingi Kadistanbun Aceh, Ir. Cut Huzaimah, MP, dan Kepala SKPA/Biro terkait lainnya, menghadiri acara Pembukaan Pasar Tani Aceh Tahun 2024 dan Peresmian Asosiasi Pasar Tani Aceh, di Expo Bank Aceh, Banda Aceh, Rabu (10/1/2024). (Foto: Humas Pemprov Aceh)

BANDA ACEH – Pemerintah Aceh melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh kembali menggelar pasar tani pada tahun ini. Ratusan masyarakat antusias menyerbu ragam belanjaan kebutuhan pokok di pasar tani pertama tahun ini yang digelar di lokasi Expo Bank Aceh, Rabu, (10/1/2024).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Mawardi, mengatakan, pasar tani tersebut kembali digelar pada pekan pertama Januari sebab tingginya permintaan masyarakat. Ia mengatakan, baik petani dan pelaku UMKM yang berjualan maupun pembeli sama-sama mendapatkan keuntungan dari pasar tersebut.

“Masyarakat bisa mendapatkan komoditas pangan dengan harga lebih murah di sini, sementara para petani komoditas perkebunannya bisa langsung dijual ke konsumen,” kata Mawardi.

BACA JUGA:  Gelar FGD di Polda Aceh, Tim Divkum Bahas Tugas Kepolisian dalam Perspektif HAM

Mawardi mengatakan, pasar tani merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengendalikan inflasi harga kebutuhan bahan pokok masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Cut Huzaimah mengatakan, pasar tani tidak hanya digelar di Banda Aceh. Pihaknya juga menggelar pasar tersebut di sejumlah kabupaten/kota.

“Pada tahun ini kita punya harapan meningkatkan omset pelaku UMKM yang berjualan di pasar tani, pasar ini menjadi wadah pengenalan berbagai produk UMKM Aceh kepada masyarakat luas,” kata Cut Huzaimah.

BACA JUGA:  DKP Aceh Dukung Pemerintah Tekan Angka Stunting Dengan Galakkan Gemarikan

Cut berharap para petani maupun pelaku UMKM yang mendapat kerja sama dengan Dinas Pertanian dapat terus meningkatkan produksinya untuk dijual di pasar tani.

Cut mengatakan, selain menjual ragam komoditas pangan, pasar tani juga menyediakan LPG 3 Kg dengan harga Rp18.000 dan pupuk NPK dengan harga lebih murah.

“Pada tahun ini kita bekerja sama dengan PT Pupuk Iskandar Muda, sehingga di pasar tani juga sudah tersedia pupuk NPK dengan harga yang lebih murah,” kata Cut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *