Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Peringati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah, Ini Harapan Kasdam IM

Kodam IM
Kasdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M., saat menghadiri peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah/2024 Masehi yang berlangsung di Masjid Babul Mawaddah Makodam IM, Selasa (9/7/2024) siang. (Foto: hariandaerah.com/H/Rf).

BANDA ACEH – Keluarga Besar Kodam Iskandar Muda memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah/2024 Masehi yang berlangsung di Masjid Babul Mawaddah Makodam IM, Selasa (9/7/2024) siang.

Peringatan ini mengusung tema “Jadikan semangat Muharam untuk perubahan yang lebih baik menuju Indonesia Emas 2045.”

Dalam sambutan Pangdam IM yang dibacakan oleh Kasdam IM Brigjen TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M., menyampaikan bahwa peringatan tahun baru Islam 1446 Hijriah ini merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang peristiwa penting bagi umat Islam, yaitu hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW beserta Kaum Muslimin dari Mekkah ke Madinah 15 abad yang lalu.

Peristiwa ini lanjut Kasdam IM, merupakan tonggak sejarah perjuangan umat Islam dalam mengembangkan syiar Islam ke seluruh penjuru dunia, sekaligus dijadikan titik awal penentuan kalender Islam.

“Peringatan tahun baru Islam merupakan perwujudan dari keyakinan kita sebagai umat Islam terhadap peristiwa bersejarah dalam kehidupan junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. Diharapkan, peringatan ini dapat memperbarui kesadaran keluarga besar Kodam Iskandar Muda untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta menanamkan dan memantapkan semangat juang dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara,” kata Kasdam IM.

BACA JUGA:  ASN Pemerintah Aceh Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah, 36 Orang Sumbangkan Darahnya

Kesempatan memperingati tahun baru Islam seperti ini kata Kasdam IM, menjadi wahana yang tepat untuk mengevaluasi diri, keluarga, dan peran sebagai Prajurit dan PNS TNI AD.

“Mari kita jadikan tahun baru Islam ini sebagai momentum untuk menguatkan tekad, mendorong semangat, menjaga ketulusan, dan keikhlasan dalam melaksanakan setiap tugas yang diembankan kepada kita semua,” ajaknya.

Dalam ceramahnya, Ustadz Umar Ismail, S.Ag., mengajak seluruh jamaah untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kesempatan menyambut tahun baru 1446 Hijriah.

Menurutnya, tahun baru bukan hanya sekedar pergantian angka dalam kalender, melainkan kesempatan untuk memulai lembaran baru dalam hidup. Ini adalah momen penting untuk merefleksikan diri, memperbaiki diri, dan mempererat hubungan dengan Allah SWT.

BACA JUGA:  Disperindag Aceh Siap Awasi Pinjaman Online di Seluruh Pasar Guna Lindungi Masyarakat

“Tahun baru Islam 1446 H membawa makna yang dalam bagi kita sebagai umat Islam. Dalam memperingati peristiwa hijrah, kita diingatkan akan keberanian, ketabahan, dan kesetiaan Nabi Muhammad SAW beserta para sahabatnya dalam menegakkan agama Islam. Kejadian besar ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita dalam menghadapi setiap rintangan dan tantangan dalam kehidupan,” tutur Ustadz Umar Ismail, S.Ag.

“Di tahun baru ini, mari kita jadikan hari-hari yang akan datang sebagai kesempatan untuk memperbaiki diri, meraih kesuksesan dunia dan akhirat, mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan meningkatkan kebaikan dalam semua aspek kehidupan. Mari kita tingkatkan ibadah, amal kebaikan, memperbaiki hubungan dengan sesama, dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan umat manusia,” tutup Ustadz Umar Ismail, S.Ag.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Irdam IM, para pejabat utama Kodam IM, para perwira, bintara, tamtama, dan PNS Kodam Iskandar Muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *