Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Pilih Ketua Umum Baru, HUDA Laksanakan Musyawarah Besar ke IV

huda
Himpunan Ulama Dayah Aceh (Huda). (Foto: hariandaerah/Irwansyah)

BANDA ACEH – Musyawarah Besar (Mubes) ke IV Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) akan dihadiri 300 ulama Dayah pengurus Wilayah Himpunan Ulama Dayah Aceh dari 23 Kabupaten/Kota di Aceh.

Mubes yang akan dibuka oleh Pj. Gubernur Aceh Bapak Achmad Marzuki ini akan berlangsung dari Jum’at 1-4 Desember 2023 di Hotel Grand Nanggroe.

Selain diikuti oleh tiga ratusan ulama Dayah pengurus PW HUDA kabupaten/kota di Aceh, pembukaan Mubes ini juga akan dihadiri para tamu-undangan lainnya.

Ketua Panitia Mubes ke IV HUDA, Abi H. Hasbi Albayuni mengatakan, sebelum pembukaan Mubes dimulai pada 1 Desember 2023 Jum’at malam, Panitia Mubes HUDA ke IV juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan.

“Pembukaan Mubes HUDA ke IV ini diawali dengan santunan untuk anak yatim dan Samadiyah untuk para ulama Aceh sesepuh HUDA yang telah kembali kepada Allah seperti almarhum Abu Panton, Abu Tumin dan seluruh ulama Aceh lainnya yang telah kembali kepada Allah SWT,’ ujar Abi Hasbi.

Abi Hasbi Albayuni juga mengatakan, agenda utama Mubes HUDA ke IV ini adalah pertanggungjawaban pengurus periode 2018-2023 dan selanjutnya akan dilakukan pemilihan pengurus baru periode 2023-2028.

“Namun, sebelum Mubes berlangsung maka diselenggarakan Mubasabah kepada peserta Mubes yang berkaitan dengan ekonomi Syari’ah,” ujar Abi Hasbi.

BACA JUGA:  Polda Aceh Beberkan Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Wastafel Dinas Pendidikan Aceh, Berikut Rinciannya

Harapannya, kata Abi, dari Mubahasah ini nantinya akan lahir rekomendasi-rekomendasi yang akan untuk pengurus HUDA khsusunya dan pemerintah Aceh.

Abi Hasbi mengatakan, dalam rangkaian Mubes HUDA tahun ini juga akan melaksanakan Mubahasah tentang Ekonomi Syari’ah dan menghadirkan sejumlah pakar di bidangnya baik dari lokal dan Nasional.

Abi Hasbi juga mengatakan, usai rangkaian acara awal Mubes seperti santunan anak yatim, Samadiyah untuk para ulama sepuh HUDA yang telah meninggal, lalu agenda hari pertama Mubes akan membahas penguatan ekonomi Syari’ah di Aceh dengan narasumber lokal dan nasional.

“Dengan Mubahasah ini kita ingin menunjukkan bahwa para ulama dayah di Aceh, menaruh perhatian besar bagi agenda-agenda penguatan ekonomi Syari’ah, dan berharap agar bank Syari’ah di Aceh dapat betul-betul bersyari’ah. Di sisi lain praktik-praktik riba bank konvensional semakin dijauhi di Aceh, Insya Allah“ ujar Abi Hasbi Albayuni yang juga salah satu pimpinan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh ini.

Lalu, pada hari kedua Mubes (Minggu, 3 Desember 2023), tambah Abi Hasbi, akan berlangsung Sidang Pleno HUDA oleh Presidium Sidang, diikuti dengan penyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) oleh Pengurus Besar HUDA Periode 2018-2023.

“Selanjutnya acara Mubes HUDA yaitu pembagian anggota Komisi, sidang-sidang Komisi serta pembahasan AD/ART HUDA dan pembahasan Kriteria Majelis Syura, Calon ketua Umum dan Tata Tertib Pemilihan“ kata Abi Hasbi.

BACA JUGA:  Dinkes Aceh Tengah Digeledah Polda Aceh, Ada Apa?

*Pilih Ketua Umum Baru HUDA*

Abi Hasbi yang juga Pimpinan Dayah Thalibul Huda Aceh Besar ini mengatakan, sore Sabtu 2 Desember peserta Mubes akan membahas Program Kerja dan Rekomendasi yang diikuti dengan sidang Pleno dari setiap komisi.

“Baru kemudian pada Minggu Sore 3 Desember akan diadakan pemilihan anggota Majelis Syura PB HUDA dan Sidang Majelis Syura yang terpilih (Pemilihan Ketua Umum) dan Majelis Syura“ ujar Abi Hasbi.

Lalu berikutnya, tambah Abi Hasbi, pada malamnya akan dilakukan penetapan hasil sidang Majelis Syura Tentang Ketua Umum Majelis Tanfiz PB HUDA, Pemilihan Mide Formatur dan Penyerahan Hasil-hasil Mubes kepada Stering Commite.

Sementara agenda Mubes pada hari ke empat, kata Abi Hasbi akan berlangsung Zikir dan Do’a Bersama untuk Palestina serta Tausiyah dalam rangka Ulang Tahun PB HUDA ke-24.

“Kita berharap do’a dari masyarakat Aceh umumnya serta para santri di Aceh kiranya acara Mubes ini diberkahi oleh Allah Swt dan dimudahkan pelaksanaannya sampai selesai acara, “harap Abi Hasbi Albayuni.

Abi Hasbi juga mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan Pemerintah Aceh sehingga Mubes HUDA ke IV ini dapat diselenggarakan dan sekaligus memohon do’a para santri-santri Aceh kiranya Mubes HUDA ke IV ini bisa berlangsung sukses dan pemilihan pengurus baru berjalan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *