Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

Ratusan Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Diwisuda, 207 Lulus Predikat Cumlaude

iain lhokseumawe
Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag saat memberikan sambutannya, Rabu (22/11/2023) (Foto: hariandaerah/Nurmansyah)

LHOKSEUMAWE – IAIN Lhokseumawe kembali kukuhkan 520 wisudawan angkatan VIII Tahun Akademik 2023/2024, pada Rabu (22/11/23) yang digelar di gedung serbaguna kampus IAIN Lhokseumawe yang berlangsung dengan khidmat.

Tercatat peserta wisuda dengan rincian Pascasarjana S2 sebanyak : 120 orang, kemudian Sarjana S1 dengan rincian Fakultas Syariah (FASYA) : 57 orang, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) : 217 orang, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) :  65 dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  61.

“Jumlah dari 520 wisudawan, diantaranya sebanyak 207 lulusan dengan Predikat Cumlaude, 302 lulusan dengan Predikat Sangat Memuaskan dan 11 lulusan dengan Predikat Memuaskan,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Lhokseumawe, Dr. Iskandar, M.Si.

Rektor IAIN Lhokseumawe, Dr. Danial, M.Ag dalam sambutannya menuturkan Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe ini berdiri megah dan gagah di wilayah kerajaan Samudera Pasai di atas bentangan tanah seluas 32 ha. Sejarah mencatat bahwa di antara kegemilangan peradaban yang dimiliki Samudera Pasai adalah kebahagiaan dan kesejahteraan hidup masyarakatnya.

“Kebahagiaan melukiskan tingginya perhatian pemimpin saat itu kepada pembangunan ruhaniah (spiritual, emosional dan intelektual) manusia, sedangkan kesejahteraan menggambarkan keberhasilan dalam pembangunan jasmaniah (material) umat. Hal inilah yang mengantarkan kerajaan ini menjadi kosmopolitan yang memiliki pengaruh melampaui Asia Tenggara,” Jelas Rektor

BACA JUGA:  Anies dan Prabowo Soroti Program Pendidikan Era Jokowi

Tambahnya, dalam mewujudkan cita-cita di atas meniscayakan 3 (tiga) kesadaran penting, yaitu, kesadaran terhadap masa silam, sekarang, dan masa depan. Kesadaran terhadap masa silam adalah kesadaran kepada berbagai kemajuan yang pernah dan berhasil kita capai serta berbagai kekurangan dan kelemahan yang akan kita sempurnakan. Kesadaran terhadap masa sekarang/ kekinian adalah kecermatan dan kecerdasan dalam memahami dan menggunakan seluruh potensi dan kelebihan yang kita miliki untuk membangun dan mengembangkan institusi yang menjadi permata hati dan kebanggaan masyarakat Aceh ini.

“IAIN Lhokseumawe memiliki lahan seluas 32 ha, 60% Sumber Daya Manusia (SDM) masih muda, energik dan berpengalaman dengan pengalaman kerja paling sedikit 10 tahun, memiliki 23 jurusan/prodi (19 jurusan pendidikan sarjana dan 4 program studi pascasarjana), akreditasi institusi bernilai Baik Sekali, 9% Jurusan terakreditasi A, 64% terakreditasi B, 27% terakreditasi Baik/C, 56 Dosen bergelar Doktor, 24 Lektor Kepala,” ujarnya.

“Pluralitas dosen lulusan dalam dan luar negeri di berbagai universitas yang tersebar di 5 benua dengan latar belakang suku/ ras serta  asal mahasiswa, keluasan jaringan, dan kebersamaan/ kekompakan.” Ungkap Rektor.

BACA JUGA:  Kalapas Baru Dilantik Dalam Sertijab Kantor Wilayah Kemenkumham Aceh

“Jika semua potensi dan khazanah sangat berharga tersebut terintegrasi dan bersinergi akan melahirkan kekuatan dahsyat untuk membangun institusi tercinta ini melalui visi dan misi sebagai kampus peradaban,” tambahnya.

Berbagai pencapaian Rektor IAIN Lhokseumawe selama 3 tiga tahun terakhir terhitung dari tanggal 1 Maret 2021 sampai dengan sekarang, yaitu,
Akreditasi Intitusi dari C menjadi Baik Sekali.
Jumlah Dosen dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala dari 12 orang menjadi 24 orang.

Jumlah Dosen yang bergelar Doktor dari 43 orang menjadi 61 orang.
Jurnal dari ISSN tidak terakreditasi menjadi 4 terindeks SINTA dan Tahun ini InsyaAllah akan bertambah 5, sehingga menjadi 9 Jurnal. Sudah memiliki RIP, Renstra dan Renop yang menjadi pedoman Pembangunan dan Pengembangan IAIN Lhokseumawe.

Alih Bentuk dari IAIN Lhokseumawe menjadi UIN Sultanah Nahrasiyah sekarang sudah pada tahap di MENPAN-RB. Pembangunan Gedung Pascasarjana.
Pembangunan Jalan Lintas Gedung Serbaguna ke FEBI dan dari FEBI ke FTIK.

Terakhir, Rektor juga mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah dikukuhkan, semoga dapat mengimplementasikan keilmuannya dan bermanfaat bagi semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *