Iklan Diskopukm Aceh
Iklan Diskopukm Aceh

KPK Dorong Kolaborasi Seluruh Elemen Untuk Berantas Korupsi di Indonesia

kpk
Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (Foto: Pasha Yudha Ernowo Infopublik.id)

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengadakan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 dengan tema ‘Sinergi untuk Berantas Korupsi untuk Indonesia Maju’. Acara tersebut dihadiri oleh berbagai elemen penting, termasuk aparat penegak hukum, pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha.

Dalam pidatonya, Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango, menekankan bahwa korupsi merupakan sumber masalah yang merugikan negara dan masyarakat. Oleh karena itu, pemberantasan dan pencegahan korupsi tidak bisa dilakukan secara terpisah, melainkan membutuhkan kolaborasi yang kuat antara semua elemen bangsa.

“Seluruh negara mengakui korupsi merupakan sumber masalah dari berbagai persoalan yang ada,” ujar Nawawi Pomolango, dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

BACA JUGA:  Gelar Doa Lintas Agama Jelang Hari Bhayangkara, Kapolri: Keberagaman Modal Jaga Persatuan dan Kesatuan

Nawawi menyoroti pentingnya sinergi antara aparat penegak hukum dengan pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha dalam upaya memberantas praktik korupsi di Indonesia. Ia berharap Presiden Joko Widodo dapat memimpin upaya tersebut dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara kelembagaan.

“Sinergitas gerak dari seluruh elemen bangsa harus kembali dipimpin untuk bergerak maju. Sekali lagi bukan hanya sinergi antar aparat penegak hukum saja, tetapi juga sinergi antarpemerintah dengan masyarakat, dengan dunia usaha,” ungkapnya.

Nawawi juga berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat mendorong kembali segala upaya untuk pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Kami di KPK berharap sangat agar Bapak dapat memimpin upaya pemberantasan korupsi ke depan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat secara kelembagaan,” tandasnya.

BACA JUGA:  Presiden Jokowi Temukan Kenaikan Harga Daging Ayam, Siap Cari Solusi

Dalam acara Hakordia tahun ini, KPK juga mengajak semua pihak untuk lebih meningkatkan kesadaran akan bahaya korupsi dan pentingnya integritas dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Selain itu, KPK juga mengapresiasi upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan oleh berbagai lembaga dan instansi di Indonesia.

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia merupakan momen yang penting untuk mengingatkan kita semua bahwa korupsi adalah musuh bersama yang harus diberantas. Dengan sinergi antara seluruh elemen bangsa, kita dapat membangun Indonesia yang lebih maju dan bebas dari korupsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *